INFO SIHAT:10 Khasiat Buah Anggur Untuk Kesihatan

BUAH ANGGUR merupakan buah dengan ciri berbentuk bulat agak lonjong berukuran kecil seperti kelereng namun ada juga yang ukurannya agak besar, buah ini umumnya berwarna hijau, merah kehitaman/ungu, hitam, dan biru kehitaman.

Anggur adalah tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae.

Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung.

Tapi, tahukah anda apa kandungan dan manfaat dari buah anggur sendiri?

Mungkin anda belum mengetahuinya, ternyata selain enak dan segar buah anggur juga mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesihatan tubuh kita di antaranya:

1. Antibakteria 
Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

2. Asma 
Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penghidap  asma kerana dapat mengurangkan masalah sesak nafas.

 3. Mencegah katarak 
Anggur mengandungi flavonoid yang kaya antioksidan, yang dapat mengurangi dan melawan kerosakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak.

 4. Kanser payudara 
Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanser payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.

 5. Sembelit 
Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.

 6. Penyakit jantung 
Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

7. Migrain 
Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

8. Pencernaan
Bila anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.

9. Gangguan ginjal 
Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.

10. Kolesterol darah 
Anggur mengandung senyawa yang disebut pterostilbene, yang memiliki kapasitas untuk menurunkan tingkat kolesterol. Saponin yang terdapat pada kulit anggur juga dapat mencegah penyerapan kolesterol.

Masukkan emel anda disini untuk melanggan terus posting terbaru kami ke emel anda:


Ditaja oleh FeedBurner

0 comments: